Sunday, December 21, 2008

Makhluk cantik penghuni puppy kuda :D




waktu semester 5, aku dapet mata kuliah wajib : BIOCEN (Biologi Cendawan). dosennya galak, disiplin n teges banget. namanya bu Gin. minggu ketiga kita semua wajib collecting puppy kuda/sapi yang kira2 udah berumur 3-5 jam..hmmm...kebayang donk gmna resenya nih tugas!
akhirnya kita tongkrongin jalan depan kebun raya bogor yang banyak dilewatin kuda, mengamati mereka puppy, nungguin smpe 3 jam..trus baru ngambil tuh puppynya dengan penuh hormat...weks! aduuuuu......mamii!!!

selasa jm2 siang, lab biocen, kampus baranangsiang..,
'ambil satu cungkil, lalu pindahkan ke preparat, perbesaran 100X, amati dan gambar, warna dan penjelasan, detail! laporan selesai 1 jam lagi.kerjakan!'
It always is, singkat, ga pake basa basi, n galak! grr....!
bukan cuman aku yg berusungut2, grumphy n ngeluh sama baunya...weks!

tapi...keluhan ga nyaman itu kemudian tergantikan dg view yang luar biasa....mataku dimanjakan oleh titik kecil transparan di bawah lensa mikroskopku, hitam-kuning-orange bergerombol.. saat itu aku dikenalkan dengan salah satu makhluk mungil nan cantik ciptaan Allah bernama Pilobolus cristallinus.

titik hitam d bagian kepalanya mirip dengan topi dan berisi spora. topi hitam itu akan terbuka dan menembakkan spora di dalamnya jika bagian 'retina' dalam tabung transparan di kepalanya terkena sinar matahari sbg stimulannya (biasanya akan ditembakkan sejauh mungkin ke rerumputan yang menjadi makanan sapi/kuda).. kalau spora2 ini melekat di rerumputan, sapi/kuda akan memakannya dan secara otomatis spora2 ini juga ikut tertelan tanpa dimetabolisme oleh pencernaan sapi/kuda. jadi..itu salah satu proses daur hidup teman kecil kita bernama Pilobolus cristallinus untuk tetap menjaga kelestarian speciesnya.

mungkin kita bertanya...untuk apa makhluk ini ada dan hidup di kotoran kuda? ternyata dia berperan sbg dekomposer bersama teman2nya yang lain (ribuan bakteri).
kebayang kan..kalo kotoran2 itu tidak dapat didaur ulang oleh teman2 kecil kita? sudah pasti kita akan tertimbun berbagai macam puppy binatang!! nightmare kan!
Subhanalllaaahhh....
siapa yang mengira kalo ada makhluk cantik yang luar biasa berguna di atas onggokan kotoran kuda??
sekali lagi.., Allah 'berbicara' pada kita bahwa tidak ada satupun hal yang sia-sia dalam ciptaanNYA.. dan,

"...untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang kembali (mengingat Allah)." (Surat Qaf: 8)
Subhanalllah....!

No comments: