Monday, December 22, 2008

Mas Adit asked me: Am I colourblind, Cy?


"Acy....aku kok ngga bisa bedain warna ya..putih tulang itu kaya apa, biru toska itu yang sperti apa, ungu lilac itu yang gimana, merah maroon itu makhluk apa, kuning gading itu warna apalagi..? kok aku ga pernah tau? setauku warna ya cuman merah,kuning,hijau,hitam,biru,putih. apa aku colourblind ya?'

semoga ini bisa menjawab ya Mas:

MATA adalah perpanjangan otak yang terletak di luar tengkorak.Retina yang ada di bagian belakang mata berisi 130 juta sel berbentuk batang yang disebut Photoreseptor yang menangkap warna hitam dan putih. sedangkan sel penangkap warna lainnya adalah sel berbentuk kerucut sebanyak 7 juta sel.

Faktanya:
Wanita memiliki 2 kromosom X yang memberi mereka berbagai jenis sel kerucut yang lebih banyak daripada pria. karena pria cuman punya 1 kromosom X (XY) , so.., perbedaan ini yang menjadi dasar mengapa wanita dapat membedakan dan menjelaskan warna dengan gradasi yang lebih rinci.

Seorang pria hanya akan menggambarkan warna dalam warna dasar saja seperti merah, kuning,hijau,biru,hitam atau putih. tetapi wanita akan dengan rinci menangkap warna putih tulang, biru toska, hijau limau, ungu lilac, kuning gading, merah maroon, coklat kemerahan, dsb.


source: Molecular Biology of the Cell-3rd Edition (JamesD.Watson-NY)

No comments: